Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Bahasa Indonesia Tentang Anti Kekerasan Singkat

Hai Sahabat Berpidato.com? Apakah Sobat sudah menyiapkan pidato tentang anti kekerasan untuk menyuarakan kedamaian dan mencegah perselisihan.

Nah, penting bagi kita untuk saling akur antar sesama teman, sahabat, keluarga, bahkan masyarakat pada umumnya.

Meskipun kita berbeda suku, ras, agama, profesi, hingga jenis kelamin namun hal itu semua tidak menjadikan kita berjalan sendirian melainkan bisa membuat kita saling mengenal.

Mari simak sajian Berpidato.com mengenai contoh teks pidato tentang anti kekerasan yang singkat dan mengguggah pendengar.

Pidato tentang Anti Kekerasan

Pidato Bahasa Indonesia Tentang Anti Kekerasan Singkat
Pidato Bahasa Indonesia Tentang Anti Kekerasan Singkat. Designed by Berpidato.com

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati para hadirin sekalian serta

Para puan yang saya banggakan

Dan anak-anak yang saya cintai

Mari kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT atas limpahan berkah yang diturunkan pada kita semua.

Shalawat dan salam juga mari kita senantiasa hantarkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari masa kegelapan menuju masa yang terang benderang sehingga kita semua bisa berkumpul dan berbagi ilmu dalam kesempatan yang berbahagia ini untuk ikut mendukung Hari Anti Kekerasan.

Perlu kita semua ketahui bahwa Simfoni PPA (Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak) sepanjang 2019 sampai 2021 telah mendata adanya peningkatan pelaporan kasus kekerasan terhadap perempuan maupun anak. Jumlah korban kekerasan terhadap perempuan meningkat dari 8.947 pada 2019 bisa menyentuh angka 10.368 kasus pada 2021.

Sementara itu, jumlah korban kekerasan terhadap anak juga ikut meningkat dari yang semula 12.285 pada 2019 bisa menelan korban sebanyak 15.972 pada 2021. Bersumber dari data yang telah saya sebutkan ternyata juga ditemukan informasi bahwa jenis tindakan kekerasan yang dialami anak terbanyak adalah kekerasan seksual, sedangkan pada perempuan adalah kekerasan fisik. 

Para hadirin yang saya hormati,

Bagaimana isu kekerasan pada perempuan dan anak semakin marak terjadi? dan langkah apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah ini? penyebabnya bisa ditimbulkan dari berbagai faktor termasuk lingkungan, ekonomi hingga kondisi kejiwaan. Dan salah satu contoh langkah yang bisa diambil berupa kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan. Adakah yang tahu program ini? jadi, ini adalah rangkaian kampanye yang diinisiasi dengan tujuan mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia. Dilaksanakan dari tanggal 25 November yang diperingati sebagai Hari Internasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan hingga tanggal 10 Desember sebagai peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional.

Para hadirin sekalian yang berbahagia,

Tidak hanya menggebu-gebu menyerukan anti kekerasan melalui kampanye, akan tetapi perlu melibatkan lembaga yang mampu bermitra dengan pihak masyarakat untuk berperan aktif memfasilitasi upaya  pencegahan dan penghapusan kekerasan terhadap perempuan serta menggalang gerakan solidaritas untuk membangkitkan kesadaran dan pemahaman bahwa kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan bentuk pelanggaran HAM.

Selain itu, dengan mengajak semua orang untuk turut terlibat sesuai dengan kapasitasnya masing-masing dalam upaya mendukung gagasan anti kekerasan sebagai isu Hak Asasi Manusia di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional sehingga diharapkan dapat terjalin kerja sama yang lebih solid dan masif di tingkat lokal dan internasional untuk menemukan solusi dari isu ini sebagaimana Najwa Shihab yang menegaskan bahwa kekerasan akan semakin berjaya, di hadapan negara yang tak berdaya.

Dengan demikian, gerakan menyuarakan anti kekerasan ini bukan hanya dipelopori oleh individu atau kelompok massa tertentu, tapi juga sebaiknya mampu diwujudkan melalui kekuatan negara. 

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf bila ada salah ucapan dan tindakan karena kesempurnaan hanya milik Allah semata dan juga semoga kita senantiasa dimudahkan menebar kebaikan tanpa kekerasan. 

Akhir kata,
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh. 

Posting Komentar untuk "Pidato Bahasa Indonesia Tentang Anti Kekerasan Singkat"